Tips Mengatasi Cedera pada Area Kaki

Engkel memiliki peranan yang tidak kalah penting dengan anggota tubuh lainnya. Engkel ini memiliki fungsi untuk menumpu berat badan. Pada waktu berjalan maupun berdiri, engkel selalu memiliki gerakan yang harmonis, demikian pula pada waktu berlari. Berdasarkan foto di x-ray, terdapat susunan tiga tulang pada x-ray yaitu tulang kering, tulang talus dan tulang betis.

Mengatasi Cedera di Pergelangan Kaki

Kestabilan pada sendi tidak hanya karena susunan tulang akan tetapi juga karena adanya penguat yang berupa jaringan non tulang. Jaringan non tulang yang dimaksud adalah kapsul sendi dan tulang rawan yang merupakan permukaan sendi yang licin. Kemudian jaringan non tulang lainnya yang juga sebagai penguat adalah urat otot dan urat sendi (ligament). Cedera pada kaki dapat dikarenakan adanya regangan, robekan parah atau robekan halus. Untuk mengetahui kerusakan tulang sendi, dapat didiagnosa dengan menggunakan MRI.

Jika terdapat adanya robekan-robekan yang intinya sendi Anda mengalami masalah, maka sebaiknya Anda segera memulihkannya. Robekan yang ada di jaringan sebenarnya dapat kembali seperti semula dalam periode waktu tertentu. Robekan tersebut dapat kembali seperti semula asalkan sendi diberi waktu untuk istirahat. Anda dapat mengistirahatkan fungsi sendi, hingga sendi dapat digunakan kembali. Waktu penyembuhan dapat berkisar 3 sampai 6 minggu.

Pada proses mengistirahatkan sendi yaitu dengan mengistirahatkan gerakan sendi, ditinggikan agar bengkak berkurang atau menghilang dan tidak digunakan untuk menumpu berat badan. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar engkel kaki dapat diistirahatkan yaitu sebagai berikut:

  • Mengistirahatkan gerakan sendi

Anda dapat berjalan layaknya robot, yaitu dengan engkel dilakukan lebih aktif oleh dirinya sendiri. Kemudian perlu menghindarkan diri dari posisi yang tidak menyenangkan atau yang dapat menyebabkan engkel terasa nyeri.

  • Mengistirahatkan engkel sendi

Untuk mengistirahatkan engkel sendi, Anda menggunakan plester dengan teknik tertentu. Beberapa plester yang dapat digunakan adalah elastic verban, engkel splint dan engkel decker.

  • Mengistirahatkan engkel dengan maksimal

Engkel dapat diistirahatkan secara maksimal dengan pemasangan gips yang otomatis Anda perlu menggunakan tongkat.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi sendi yang sakit, semoga bermanfaat.