Hidup Produktif Dimasa Tua Dengan Wirausaha

Memasuki masa tua, mungkin bagi sebagian orang yang sudah lanjut usia mereka hanya ingin bersantai di rumah dan menikmati masa tua mereka dengan menonton televisi, berkebun, dan berkumpul dengan anak cucu mereka. Tetapi banyak juga orang yang sudah lanjut usia seperti itu, tapi hidupnya selalu ingin produktif. Mereka tidak bisa jika hanya diam di rumah, mereka selalu saja ingin bekerja dan memiliki penghasilan sendiri tanpa harus merepotkan anak – anak mereka.

Usaha Apa Yang Sesuai Untuk Lansia?

Berikut adalah beberapa saran yang mungkin bisa Anda coba untuk orang tua Anda, jika mereka ingin berwirausaha. Jangan pernah melarang mereka untuk produktif, selama masih dalam porsi yang wajar; tidak ada salahnya kita sebagai anak turut mendukung kegiatan tersebut. Jika orang tua Anda memiliki rumah yang besar atau tanah yang luas tetapi hanya tinggal berdua saja di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis kos – kosan.

Apalagi jika daerah tempat orang tua Anda tinggal dekat kampus atau gedung perkantoran. Akan sangat menguntungkan sekali jika Anda menyarankan bisnis seperti ini, dari pada membiarkan kamar kosong di rumah tidak ada salahnya untuk menyewakan kamar tersebut. Kedua, Anda bisa menyarankan untuk berbisnis toko kelontong. Nah, sudah sering bukan kita menjumpai toko kelontong yang mana pemilik tokonya adalah seorang lansia.

Ya, bisnis ini memang sangat cocok dan lumrah bagi para lansia. Tidak hanya menguntungkan, tetapi berbisnis seperti ini pun tidak akan membuat orang tua Anda kelelahan, justru jika orang tua Anda menjalankan bisnis seperti ini, mereka membantu membukakan lapangan pekerjaan bagi orang – orang yang mungkin tidak memiliki keahlian atau berpendidikan tinggi. Orang tua Anda hanya cukup mengatur keuangan, dan mengatur kebutuhan logistik toko tersebut.

Terakhir yang mungkin bisa Anda coba adalah berbisnis kuliner. Biasanya orang tua memiliki resep tersendiri untuk masakan mereka. Jika menurut Anda resep makanan tersebut enak dan menjanjikan untuk dibuat usaha, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis kuliner seperti membuka rumah makan sederhana atau membuka jasa pelayanan catering. Tetapi hal yang pasti harus Anda perhatikan jika ingin membuat usaha seperti ini adalah jumlah pegawai yang tidak sedikit dan mungkin tempat yang bisa digunakan untuk memasak dalam porsi yang besar.