Cara Mencegah Bunuh Diri

Saat ada orang terdekat kita yang mengakhiri hidupnya sendiri, tentu saja kehidupan orang-orang di sekitarnya akan berubah. Jika Anda dekat dengan korban, tentu saja Anda akan mengalami perasaan bersalah karena tidak menyadari bahwa orang tersebut mengalami depresi yang luar biasa sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Cara Mencegah Keinginan Seseorang untuk Bunuh Diri

Kebanyakan orang yang bunuh diri sudah memberikan tanda-tanda peringatan atau sinyal bahwa mereka ingin mengakhiri hidupnya. Cara terbaik untuk mencegah bunuh diri adalah dengan mengenali tanda-tanda peringatan ini dan tahu bagaimana cara meresponsnya jika Anda melihatnya.

Jika Anda yakin bahwa seorang teman atau anggota keluarga ingin bunuh diri, maka Anda dapat membantu mereka untuk pencegahan bunuh diri dengan menunjukkan bahwa ada alternatif. Tunjukan bahwa Anda peduli pada mereka. Jangan lupa untuk membantu mencarikan atau menemani pergi ke dokter atau psikolog.

Tanda-tanda peringatan utama dari seseorang yang ingin bunuh diri antara lain berbicara tentang kematian, menyakiti diri sendiri, menulis banyak tentang kematian, dan mencari hal-hal yang dapat digunakan dalam upaya bunuh diri seperti senjata atau obat-obatan. Terkadang beberapa waktu sebelum mereka bunuh diri, mereka sibuk menyiapkan beberapa hal yang harus diurus seperti surat wasiat atau menyelesaikan sesuatu.

Tanda-tanda bahwa seseorang ingin bunuh diri juga lebih parah jika orang tersebut memiliki gangguan mood seperti depresi atau gangguan bipolar, menderita ketergantungan alkohol, sebelumnya mencoba bunuh diri, atau memiliki riwayat bunuh diri dalam keluarga.

Jika tanda-tanda tersebut sudah keluar, maka sebaiknya Anda harus mulai mendekatkan diri kepada mereka. Jadilah rekan bicara yang bisa mereka percaya. Dengarkan kata-katanya. Anda bisa bertanya sudah sejak kapan mereka merasakan hal tersebut, apakah ada hal yang bisa Anda bantu, apa perasaan yang sedang mereka rasakan, dan tanyakan pula apakah mereka sudah mencari bantuan.

Menjadi rekan bicara dan pendengar yang baik memang tidak mudah. Anda harus bisa melakukannya dengan sabar. Tenangkan mereka dan yakini bahwa semuanya akan baik-baik saja, bahwa Anda akan berada di sisinya, bahwa Anda minta maaf karena tidak tahu bahwa mereka mengalami perasaan tersebut.